Pages

Kamis, 01 November 2012

beberapa aspek yang bisa membuat komputer/lapto kita bootingnya menjadi lambat/lama


Ketika computer boting lama disitu Ada berbagai aspek yang bisa membuat komputer/lapto kita bootingnya menjadi lambat/lama.
Berikut hal -hal yang dapat membuat komputer menjadi lambat/lama :

  • Terdapat device external yang masih tertancap. Device yang masih menancap pada laptop/pc dapat memperlambat booting karena laptop/pc memproses/load data yang ada pada device tersebut. Semisal flashdisk.

  • Virus. Bisa jadi virus menjadi penyebab lambatnya booting laptop/pc kita lantaran virus terus menerus menjalankan program/autoran-nya. Solusinya adalah scan dengan program virus terbau/update.

  • Terlalu banyak icon. Icon yang terlalu banyak pada tampilan desktop komputer/laptop kita dapat memperlambat karena memakan memori kita sehingga proses load icon desktop jadi lebih lama. Coba kurangi icon desktop anda. Tapi bukan di hide!. Karena akan menjadikannya lebih lama disebabkan icon masih ada ditambah efek hide.

  • Banyak program ter-install (hardisk pernuh). Hardisk yang penuh  dapat menyebabkan komputer lambat. Apalagi  diambah dengan memori RAM yang kecil. Jadi kurangilah program/file anda yang tidak perlu.

  • Banyak file sampah. File sampah biasanya timbul karena proses un-instalasi yang tidak berjalan baik. Adapun untuk menghilangkannya dapat menggunakan program CCleaner yang bisa didapat secara gratis di search engine google.

  • Akibat proses shut - down ( mematikan ) tidak sesuai prosedur. Untuk memulihkannya dapat menggunakan check disk untuk memperbaiki bad sector pada hardisk. Dan juga jangan lupa jalankan program defragment secara berkala untuk menata kembali data pada hardisk anda.

  • Tampilan atau style. Dengan yang gloossy memang menarik perhatian akan tetapi memakan banyak memori RAM oleh karena itu untuk mendapatkan performa yang baik, kita dapat mensettingnya pada control panel > system > system properties > advanced > pada bagian performance klik setting > kemudian centang pada adjust dor best performance. Maka booting dan kinerja komputer/laptop anda akan meningkat.

  • Banyaknya aplikasi pada saat start up (system tray). Untuk dapat mengetahui dan mendisable aplkasi dapat kita gunakan program CCleaner atau dengan cara klik start > ketik run pada kolom search ( pada windows seven ) > ketik msconfig > lalu pilih tab start up. Selanjutnya ditangan anda untuk mencentang aplikasi yang mana yang mau diload saat start up.

Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun para pembaca..  aamiiiiinnn… dan saya mohon maaf sekali  jika ada kesalahan kata-kata kekeliruan dalam tulisan di artikel ini, dan mohon komentarnya…………………………………………….!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar